Info

MENGENAL PERBEDAAN JERSEY GRADE ORI, GRADE AAA DAN PLAYER ISSUE

MENGENAL PERBEDAAN JERSEY GRADE ORI, GRADE AAA
DAN PLAYER ISSUE




Dalam perkembangannya sepakbola di masa kini telah menjadi industri yang cukup menggiurkan dan menjadi magnet tersendiri bagi para penikmatnya tak terkecuali bagi para investor untuk berinvestasi dan bekerja sama dengan salah satu klub sepakbola terkenal di dunia.
Salah satunya adalah pengadaan merchandise klub. Dewasa ini banyak klub sepakbola tidak hanya mengandalkan pemasukan dari tiket penonton dan juga pihak sponsor, melainkan dari merchandise seperti Syal, Miniature dan terutama Jersey.
Berbicara tentang jersey, kali ini kita akan membahas tentang Jersey Grade Ori. Kenapa Jersey Grade Ori? Kenapa bukan Jersey Original atau Official?. Telah menjadi rahasia umum bahwa saat ini telah menjamur jersey-jersey plagiat alias KW, atau bahasa halusnya Grade Ori yang tentunya dalam kisaran harga jauh lebih terjangkau dari jersey original ataupun official.
Kenapa begitu banyaknya jersey-jersey plagiat atau KW ini menjamur? Dikarenakan dari pihak apparel sebagai sponsor resmi jersey klub sepakbola mematok harga jersey dengan harga yang cukup menguras kantong. Bayangkan, harga satu jersey original yang dijual di outlet resmi dibanderol dengan harga 700-an ribu sampai Jutaan rupiah. Ini tentunya sangat memberatkan para penggemar klub idola mereka yang dalam kehidupan ekonominya dibilang pas-pasan.
Maka dari itu, beberapa negara membuat terobosan dengan membuat jersey tiruan dengan desain dan tampilan semirip mungkin dengan aslinya. Tentunya dengan harga normalnya di kisaran 130-180rb tergantung jenis dan tipenya. Jersey tersebut kita kenal dengan nama Jersey Grade Ori. Jersey tersebut diproduksi di negeri China.
Jersey Plagiat ini terbagi menjadi beberapa jenis dan tipe, diantaranya adalah Grade Ori, Grade AAA dan Player Issue. Dari ketiga jenis diatas, jersey Grade Ori (GO) adalah jersey yang paling mirip 98% dari aslinya, dengan kata lain dari tampilan dan bahan tingkat kemiripannya paling mendekati jersey original. Sedangkan Jersey Grade AAA adalah jersey replika yang dibuat dengan prosentase kemiripan mencapai 95% dengan yang aslinya. Biasanya jersey jenis ini diproduksi di Thailand. Sedangkan Jersey Player Issue, memiliki tingkat kemiripan 99% dari aslinya jauh lebih bagus dari Grade Ori (dari segi kualitas).
Dikarenakan hampir semua detail pada jersey memiliki kemiripan seperti yang dipakai pemain- pemain di lapangan. Oke sekarang kita akan membahas cara membedakan Jersey GO, AAA dan Player Issue dengan melihat beberapa perbedaan fisik pada jersey.



Detail lebih jelasnya dalam membandingkan Jersey, berikut penjelasannya :
Kelebihan Grade Ori dibanding Grade AAA :
1.  Jersey Grade Ori dibungkus Polybag, seperti pembungkus obat yang disesuaikan dengan yang ada di outlet resmi. Sedangkan pengemasan Grade AAA hanya menggunakan plastik biasa.




2.     Detail bordir lebih terasa timbul, tidak seperti Grade AAA yang hanya menggunakan Polyflex.



3.     Pada jersey Grade Ori dengan brand Nike, benang Authentic lebih mengkilat dan pada brand Adidas terdapat Barcode Tag di bagian leher. Sedangkan pada Grade AAA dengan brand Nike, benang Authentic hanya menggunakan benang silver biasa, dan pada brand Adidas tidak ada Barcode Tag di bagian leher.


4.     Grade Ori memilikki size L, sedangkan Grade AAA tidak semua jersey memilikki size L.
5.     Bahan, Corak, dan Warna pada jersey Grade Ori terlihat lebih mirip dengan aslinya. Bahan yang digunakan Grade Ori pada brand Nike menggunakan Polyester Dri-Fit, sedang pada brand Adidas menggunakan Polyester ClimaCool. Dan warna jersey GO lebih cerah dibandingkan dengan Jersey  Grade AAA.




6.     Jersey GO memiliki karet berbentuk T dipundak, memiliki sirkulasi udara di samping atau bagian badan.




Selain itu ada perbedaan lain antara Jersey GO dan AAA, perbedaan tersebut ada pada Tag dan Washtag kedua jersey tersebut. Dimana Tag utk Jersey GO lebih detail dalam hal informasi jersey dan lembarannya lebih banyak, berbeda dengan Grade AAA yang lebih sedikit dan kurang detail.
Untuk Washtag, jersey GO lebih banyak daripada Grade AAA. Itu terlihat dari jumlah washtag-nya, GO berjumlah 3 washtag sedangkan AAA berjumlah hanya 1 washtag.
Berikut perbedaan kedua jersey pada gambar:

Tag



Washtag


Dari perbedaan harga, Jersey Grade AAA jauh lebih murah dibanding Jersey Grade Ori atau Player Issue, yakni berada pada kisaran 110rb. Sedangkan pada Jersey Grade Ori berada dikisaran 130rb. Dan Jersey Player Issue karena memilikki tingkat kemiripan yang jauh lebih bagus dibanderol dengan harga dikisaran 170rb - 180rb.
  
Dibanding Grade AAA dan Grade Ori, jersey Player Issue lah yang paling mendekati aslinya. Semoga dengan penjelasan jersey diatas dapat menambah pengetahuan tentang per-jersey-an dan sobat bisa lebih mudah membedakan antara Grade AAA, Grade Ori, dan Player Issue.

Demikian tentang penjelasan cara membedakan Jersey GO, AAA dan Player Issue., semoga menambah wawasan kita tentang jersey yang kita pakai.

Terimakasih telah berkunjung di blog saya, jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar. Wassalam.... 

2 Responses to "MENGENAL PERBEDAAN JERSEY GRADE ORI, GRADE AAA DAN PLAYER ISSUE"

  1. Kalau ada yang butuh info seputar jersey bisa cek sini ya https://enkosa.com

    ReplyDelete