Info

MISTERI BLACK HOLE

MISTERI BLACK HOLE



Hai Sobat SP, berjumpa kembali dengan saya semoga saja kalian gak bosan melihat saya dan artikel saya. Hehehehehe.... Ok sob, dalam kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang BLACK HOLE atau Lubang Hitam. Tahukah kalian apa itu Black Hole atau Lubang Hitam? Hayyyooooo siapa yang tahu.... nyerah nih?? Okey, akan saya jelaskan agak panjang lebar apa itu black hole beserta fakta-fakta yang mengiringinya.
Black Holes atau lubang hitam merupakan penemuan paling fenomenal di bidang astronomi pada abad 20. Tidak ada ilmuwan yang pernah mengira sebelumnya, bahwa di langit ada sejumlah planet bintang yang misterius dan mengerikan, karena bintang itu memang tidak pernah terlihat.
Black hole atau lubang hitam ialah sebuah benda langit misterius sebagaimana dalam definisi salah seorang ilmuwan NASA adalah benda langit yang memiliki gaya medan gravitasi sangat kuat. Dari gaya gravitasi yang besar inilah yang membuat blackhole menjadi misterius, karena blackhole dapat menghisap benda apapun yang ada didekatnya. Black hole terbentuk dari sebuah bintang yang besar, ketika usia bintang tersebut mulai habis akibat kehabisan energi dan bahan bakar bintang tersebut akan meledak dan jadilah sebuah monster luar angkasa bernama black hole. Meski tidak terlihat, black hole memiliki gaya magnet tingkat tinggi.
Misteri keberadaan blackhole yang tersebar diseluruh alam semesta sangatlah misterius dan mirip dengan kejadian-kejadian aneh yang terjadi di Segitiga Bermuda. Kemisteriusan inilah yang membuat saya semakin tergugah untuk mencari tahu apa sebenarnya Black Hole ini, sehingga membuat saya sangat penasaran. Apakah kalian juga penasaran??
Kalau emang iya,, yukkk kita bareng-bareng bahas tentang Black Hole yang misterius ini.
Sebelum saya mulai, saya akan membaginya beberapa poin demi kenyamanan pembaca untuk memahami dan menelaah benda langit yang sangat misterius bernama Black Hole ini. Okey, langsung saja disimak artikel dibawah ini.


1. KARAKTERISTIK BLACK HOLE

Blackhole atau lubang hitam adalah benda langit misterius yang sangat menakutkan bagi para peneliti luar angkasa. Bagaimana tidak, blackhole memiliki karakteristik yang unik namun juga menakutkan.
Blackhole bekerja dengan cara yang ekstrim layaknya sebuah vacuum cleaner raksasa yang bisa menghisapmu secara tiba-tiba dan tanpa ampun. Lubang hitam ini sulit terlihat atau bahkan tidak bisa dilihat, pergerakannya yang sangat “lembut” namun sangat kejam.
Apapun, siapapun yang melintas terlalu dekat dengannya, ia (Blackhole) akan langsung menelannya tak peduli siapa kamu, apa ini apa itu bahkan cahaya sekalipun.
Jangan harap bisa selamat atau bahkan meloloskan diri dari hisapan blackhole, karena blackhole selalu bergerak secara terus-menerus dengan sangat teratur.



2. UKURAN SEBUAH BLACK HOLE

Menurut kalian berapa besar ukuran sebuah black hole?? Sebesar Jupiter?? Atau Sebesar Saturnus??, mungkin beberapa dari kalian beranggapan sebesar Matahari??.
Menurut para Ilmuwan peneliti balckhole menyatakan bahwa blackhole memiliki ukuran yang luar biasa besar, dan yang mengejutkan saya adalah ukuran blackhole tersebut bisa mencapai 10 kali lipat atau bahkan lebih dari ukuran Matahari. Waaaawwww.....
Dan yang membuat saya kembali terperangah, bahwa Ilmuwan meneliti kembali secara lebih mendalam bahwa peneliti pernah menemukan blackhole yang ukurannya jauh lebih lebih besar dari yang pertama saya sebutkan. Yaitu 1 juta kali lipat dari ukuran Matahari! Amazing....(Waaawwww...waaaawwww...).
Peneliti kembali menyatakan bahwa, diperkirakan jumlah blackhole yang ada di alam semesta ini berjumlah ribuan juta dengan ukuran yang berbeda-beda.



3. MENDETEKSI BLACK HOLE

Jika kalian melewati sebuah tempat yang dinyatakan angker entah itu kuburan, rumah kosong, atau tempat yang divonis menyeramkan apa yang kalian rasakan? Takut? Merinding? Atau berkeringat dingin? Jika memang demikian, apakah kalian dapat mendeteksi eksistensi atau keberadaan mahkluk-mahkluk tak kasat mata ini? Kalau memang ada, itupun mungkin orang yang memiliki kelebihan atau indera ke-6 atau enggak emang mahkluk tersebut ingin menunjukkan diri mereka kepada kita.
Namun berbeda dengan apa yang dijelaskan saya diatas, sampai saat ini detik ini para peneliti belum dapat menemukan cara mendeteksi eksistensi keberadaan sebuah Black Hole. Akan tetapi, suatu hari peneliti menemukan sesuatu yang aneh ketika mengamati bintang-bintang dan luar angkasa dalam waktu yang lama.
Tiba-tiba para Ilmuwan merasa ada kejanggalan, karena saat mengamati bintang-bintang di luar angkasa mereka merasa kehilangan cahaya-cahaya tersebut. Namun, beberapa saat kemudian bintang-bintang tersebut muncul kembali.
Ketika para Ilmuwan mengamati gambarnya secara seksama, mereka memiliki kesimpulan bahwa cahaya-cahaya bintang yang tadinya sempat menghilang tersebut terhalang oleh sebuah Black Hole yang melintas.

4. SUARA BLACK HOLE

Jika kalian mendengar sesuatu yang misterius tapi kalian tak dapat mendeteksi atau melihatnya dengan pasti, apa yang akan kalian lakukan? Bingung?? Takut?? Atau berusaha mencarinya?. Kalau saya mungkin akan takut dan enggan mencarinya.
Karena bagi saya,, terlalu beresiko jika saya mencari atau mendekati suara misterius tersebut.
Begitu juga halnya dengan Black Hole, belakangan ini salah seorang Ilmuwan dari NASA menemukan fakta yang cukup mengerikan. Ilmuwan tersebut menemukan adanya sebuah gelombang suara aneh dengan irama-irama tertentu yang keluar dari black hole. Prediksi sang Ilmuwan, gelombang suara tersebut menandakan adanya eksistensi dari sang pemakan bintang dan benda-benda luar angkasa sedang melakukan aksinya.

5. SEMBURAN BLACK HOLE

Beberapa tahun lalu para peneliti melaporkan sebuah peristiwa aneh, mereka menangkap sebuah semburan di sekitar black hole dari teleskop radio. Sayangnya, penelitian dan observasi mengenai semburan black hole yang berhasil tertangkap radio teleskop tak dapat terlihat secara menyeluruh.
Akan tetapi, dengan adanya bukti sebuah semburan tersebut para peneliti akan terus dan mulai mencari setiap detail untuk memastikan seberapa dekat jarak black hole dengan sumber semburan tersebut.



6. AL-QUR’AN MEMBICARAKAN BLACK HOLE

Al-Qur’an sebagai kitab suci penuntun umat manusia telah mengabarkan jauh-jauh hari tentang keberadaan black hole sebelum manusia pertama (Adam-Hawa) berada di bumi. Sebagai umat muslim yang beriman dan taqwa kepada Allah SWT sudah sepantasnya kita percaya akan kebesaran-Nya, Dia-lah Sang Maha Pencipta segala sesuatu.
Simaklah ayat yang mengabarkan tentang keberadaan Black hole dalam Al-Qur’an, di Surah At-Takwir ayat 15-16: “Aku bersumpah demi bintang tersembunyi. Yang bergerak cepat yang menyapu”.
Tafsir dalam ayat ini adalah , Allah bersumpah dengan salah satu makhluk-Nya yaitu sebuah bintang yang memiliki tiga karakter. Apa saja yang terkandung dalam surat tersebut, mari kita simak bersama.
Pertama, khunnas (ِﺲﱠﻨُﺨْﻟا ); yang tersembunyi dan tidak terlihat. Oleh sebab itu, setan juga disebut khannaas (سﺎﻨﺨﻟا), karena mahluk ini tidak terlihat oleh Bani Adam. Ini sama persis dengan apa yang disebutkan para ilmuwan mengenai karakter black hole yakni, invisible.
Kedua, aljawaar (ِراَﻮَﺠْﻟا) bergerak cepat. Sedangkan karakter dari black hole adalah moves atau bergerak secara senyap. Lafadz Al Quran tajri lebih sempurna dibandingkan penjelasan para ilmuwan,  sebab kata “ia” bermakna bergerak cepat atau berlari. Sementara “moves” tidak mendefinisikan bergerak dengan cepat.
Ketiga, al kunnas ( ِﺲﱠﻨُﻜْﻟا ) yang menyapu dan menelan setiap yang ditemuinya. Ini karakter dari black hole seperti sebuah vacuum cleaner. Kunnas berasal dari kanasa  artinya menyapu, miknasah alat untuk menyapu. Kunnas bentuk jamak dari kaanis yang menyapu. Kunnas adalah shigat muntaha jumuk (bentuk jamak paling tinggi) dari bentuk tunggal kaanis.
Para ulama tafsir klasik memberi sebuah penjelasan, bahwa makna dari khunnas al jawaril kunnas adalah bintang yang cahayanya tidak muncul di siang hari dan muncul di malam hari. Namun ini hanya sebuah penafsiran bukan dari makna sesungguhnya. Sedangkan penjelasan paling sesuai dengan realitas alam raya adalah black holes.
Mungkin hal ini juga yang diisyaratkan dalam Al-Quran, Surah At-Takwir ayat 1:  “Apabila matahari digulung,”.
Tidak hanya tentang black hole, Al-Qur’an juga mengabarkan keberadaan benda-benda luar angkasa, bintang, planet, galaksi termasuk fenomena-fenomena yang terjadi di luar angkasa.
Itulah sekelumit bukti dari kebesaran Tuhan, menciptakan segala sesuatunya yang ada di Bumi dan Alam Semesta ini. Kita sebagai manusia tidak memiliki daya untuk menandingi dan berperilaku sombong, karena kesombongan hanya milik Allah SWT pencipta segala sesuatu.
Yang wajib kita lakukan sebagai manusia hanya bisa berserah diri kepada-Nya, bertasbih memuja nama-Nya, dan tunduk bersimpuh dihadapan-Nya.
Terlepas dari penjelasan diatas tentang keberadaan Black hole, para Ilmuwan terus mengembangkan penelitian dan observasi untuk mengungkap tentang misteri black hole. Tentang sifatnya yang menghisap dan lain sebagainya.
Sebagai umat Muslim, kita memiliki pedoman kehidupan sendiri. Tentang apa yang terjadi di dunia telah dijelaskan secara detail dalam Al-Qur’an, tergantung dari kita sendiri dalam menangkap pesan yang terkandung di dalamnya.
Dan sudah seharusnya, kita sebagai umat-Nya wajib beriman tentang apa yang dijelaskan dalam Al-Qur’an dan semakin mempertebal keimanan kita bahwa tiada yang berkuasa atas segala sesuatu selain Allah SWT.




Demikian penjelasan saya tentang misteri keberadaan Balck Hole, semoga dari apa yang saya jelaskan diatas bisa dipahami dan diterima oleh para pembaca semua.
Akhir kata saya ucapkan terimakasih atas kunjungannya di blog saya, penulis bukan orang yang sempurna, karena kesempurnaan hanya milik-Nya. Jika ada saran dan kritik, tinggalkan jejak di kolom komentar. Sampai bertemu kembali di artikel saya selanjutnya.


Wassalam.

0 Response to "MISTERI BLACK HOLE"

Post a Comment